5 Langkah Cermat Memilih Mesin Genset Terbaik

5-Langkah-Cermat-Memilih-Mesin-Genset-Terbaik-powerline

Bagi sebagian orang atau bahkan perusahaan penyedia jasa/produk, urusan membeli mesin genset terbaik bukanlah perkara yang mudah. Terlebih bagi pembeli yang baru pertama kali akan menggunakan genset. Berikut ini adalah hal yang bisa anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan untuk membeli genset :

1. Kebutuhan daya yang diperlukan

Cara paling mudah yang dapat menjadi patokan adalah dengan melihat total kapasitas daya listrik yang terpasang. Jika ingin memanfaatkan genset agar operasional tetap berjalan normal tanpa harus mengurangi penggunaan, sebaiknya anda tambahkan sekitar 20%-30% dari daya listrik yang sudah terpasang sebelumnya. Tak mengapa bila membeli daya yang lebih sedikit, namun itu berarti anda harus pintar-pintar memprioritaskan peralatan yang akan digunakan selama memakai genset untuk menghindari overload.

2. Pemilihan bahan bakar

Pilih bahan bakar yang paling mudah didapatkan di daerah anda untuk memudahkan anda menjalankan genset, antara lain bensin atau solar. Selain alasan tersebut, pemilihan bahan bakar juga berpengaruh pada merek genset terbaik yang akan dibeli. Genset tipe Open misalkan yang kebanyakan menggunakan bensin sebagai bahan bakar, memiliki suara yang lebih berisik dengan pendingin udara yang umumnya memiliki kapasitas kecil ( 10 KVA ). Biasanya digunakan untuk tempat keramaian (pasar malam, dll), namun untuk tipe yang lebih besar biasanya digunakan pada gedung perkantoran/hotel/rumah sakit dengan menyediakan rumah genset khusus.

Tipe Silent, yang biasanya menggunakan bahan bakar solar, memiliki kecenderungan suara lebih tenang daripada tipe Open. Genset tipe ini cocok untuk digunakan di pemukiman padat penduduk atau dimanapun apabila pemiliknya tidak ingin mengganggu ketenangan lingkungan sekitar.

 3. Budget

Meski tak selalu menjadi pertimbangan utama, namun aransemen budget dapat memudahkan anda dalam pengambilan keputusan. Dana yang anda alokasikan untuk pembelian genset dapat dengan mudah anda sesuaikan dengan daya genset sesuai pertimbangan poin pertama.

4. Tinjau produk

Melihat langsung bentuk produk serta mempelajari secara seksama spesifikasi genset pada workshop/toko harus dilakukan agar tidak terkecoh dan yakin dengan barang yang akan dibeli. Output yang dihasilkan oleh genset biasanya dikenal dengan prime output (daya sebenarnya yang dihasilkan oleh genset) berada dalam satuan KVA. Berbeda dengan standby output yang nilainya 10-15% di atas prime output, daya KVA tersebut memiliki output maksimal KW hanya 80%. Keuntungan pada saat melakukan peninjauan produk, pembeli dapat melakukan uji coba apakah genset ini mampu dijalankan sesuai spesifikasinya atau cenderung overload. Hal ini biasanya bisa dilakukan apabila pembelian genset diatas 150 KVA atau lebih, dengan garansi apabila tidak sesuai label/spesifikasi pembeli berhak membatalkan transaksi.

harga-genset-deutz-open

5. Pertimbangan peralatan tambahan

Selain genset standar, ada beberapa peralatan yang dapat ditambahkan antara lain pemasangan pendingin atau automatic starter yang berguna untuk menyalakan genset secara otomatis apabila listrik mati. Hal ini memudahkan pengguna, namun perlu dipertimbangkan pada saat pemasangannya untuk meminta bantuan kepada tenaga ahli.

Demikian artikel berikut yang bisa membantu mendapatkan merek genset terbaik sesuai harapan anda. Bagi Anda sedang mencari generator.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *