Pertanyaan Tentang Genset Industri ( Apa Genset Industri Itu? )

FAQ Generator Industri (Pertanyaan Umum)

Banyak pelanggan Powerline Genset mengandalkan kami untuk memberikan jawaban yang akurat dan informatif untuk pertanyaan terkait kelistrikan, mesin, dan genset mereka. Hal ini menghasilkan banyak pertanyaan setiap hari, beberapa di antaranya cukup umum dan kami cukup sering menjawabnya. Untuk menginformasikan pelanggan dan pengunjung situs web kami dengan lebih baik tentang beberapa topik dan masalah paling populer yang kami temui, kami telah memutuskan untuk memulai daftar Pertanyaan yang Sering Diajukan.

  1. Apa perbedaan antara kW dan kVa?
  2. Apa yang dimaksud dengan faktor daya (Power Factor) ?
  3. Apa perbedaan antara daya siaga, kontinu, dan prime power ratings?
  4. Jika saya tertarik dengan generator yang tegangannya tidak saya butuhkan, dapatkah tegangannya diubah?
  5. Apa yang dilakukan Automatic Transfer Switch (ATS) atau Saklar Transfer Otomatis?
  6. Bisakah generator yang saya lihat paralel dengan yang sudah saya miliki?
  7. Dapatkah Anda mengubah generator 60 Hz menjadi 50 Hz?
  8. Bagaimana cara menentukan ukuran Generator yang saya butuhkan?

Apa perbedaan antara kW dan kVa?

Sering ditanyakan 1 kVA berapa kW atau sebaliknya. Perbedaan utama antara kW (kilowatt) dan kVA (kilovolt-ampere) adalah faktor dayanya. kW adalah satuan daya nyata dan kVA adalah satuan daya semu (atau daya nyata ditambah daya re-aktif). Faktor daya, kecuali jika ditentukan dan diketahui, oleh karena itu merupakan nilai perkiraan (biasanya 0,8), dan nilai kVA akan selalu lebih tinggi daripada nilai kW.

Sehubungan dengan generator industri dan komersial, kW paling sering digunakan ketika mengacu pada generator di Indonesia, dan beberapa negara lain yang menggunakan 50 Hz, sedangkan sebagian besar negara lain biasanya menggunakan kVa sebagai nilai utama saat mereferensikan. genset.

Untuk memperluasnya sedikit lebih banyak, peringkat kW pada dasarnya adalah output daya yang dihasilkan yang dapat disuplai oleh generator berdasarkan tenaga kuda mesin. kW ditentukan oleh peringkat tenaga kuda kali mesin 0,746. Misalnya jika Anda memiliki mesin 500 tenaga kuda, ia memiliki peringkat kW 373. Kilovolt-ampere (kVa) adalah kapasitas akhir generator. Genset biasanya ditampilkan dengan kedua peringkat. Untuk menentukan rasio kW dan kVa digunakan rumus di bawah ini.

0,8 (pf) x 625 (kVa) = 500 kW

Jual Genset 15 Kva Powerline

Apa itu faktor daya?

Faktor daya atau power factor (pf) biasanya didefinisikan sebagai rasio antara kilowatt (kW) dan kilovolt amp (kVa) yang diambil dari beban listrik, seperti yang dibahas dalam pertanyaan di atas secara lebih rinci. Hal ini ditentukan oleh beban terhubung generator. Pf pada pelat nama generator menghubungkan kVa dengan nilai kW (lihat rumus di atas). Generator dengan faktor daya yang lebih tinggi lebih efisien mentransfer energi ke beban yang terhubung, sedangkan generator dengan faktor daya yang lebih rendah tidak seefisien dan mengakibatkan peningkatan biaya daya. Faktor daya standar untuk generator tiga fasa adalah 0,8.

Apa perbedaan antara daya siaga (stanby), berkelanjutan (continuous), dan prime power ratings?

Generator listrik siaga (standby) paling sering digunakan dalam situasi darurat, seperti saat listrik padam. Ini sangat ideal untuk aplikasi yang memiliki sumber daya berkelanjutan lain yang andal seperti daya utilitas. Direkomendasikan penggunaan paling sering hanya selama pemadaman listrik dan pengujian dan pemeliharaan rutin.

Prime power ratings dapat didefinisikan sebagai memiliki “waktu berjalan tidak terbatas”, atau pada dasarnya generator yang akan digunakan sebagai sumber daya utama dan bukan hanya untuk daya siaga atau cadangan. Generator dengan Prime power ratings dapat memasok daya dalam situasi di mana tidak ada sumber utilitas, seperti yang sering terjadi pada aplikasi industri seperti pertambangan atau operasi minyak & gas yang terletak di daerah terpencil di mana jaringan listrik tidak dapat diakses.

Daya kontinu mirip dengan daya utama tetapi memiliki peringkat beban dasar. Ini dapat memasok daya terus menerus ke beban konstan, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk menangani kondisi kelebihan beban atau bekerja dengan baik dengan beban variabel. Perbedaan utama antara peringkat prima dan terus menerus adalah bahwa genset daya utama diatur untuk memiliki daya maksimum yang tersedia pada beban variabel untuk jumlah jam yang tidak terbatas, dan umumnya mencakup kemampuan kelebihan beban 10% atau lebih untuk jangka waktu pendek.

Jika saya tertarik pada generator yang bukan tegangan yang saya butuhkan, dapatkah tegangan diubah?

Ujung generator dirancang untuk dapat dihubungkan kembali atau tidak dapat dihubungkan kembali. Jika generator terdaftar sebagai reconnectable tegangan dapat diubah, akibatnya jika non-reconnectable tegangan tidak berubah. Ujung generator 12-lead yang dapat dihubungkan kembali dapat diubah antara tiga dan tegangan fase tunggal; namun, perlu diingat bahwa perubahan tegangan dari tiga fasa ke fasa tunggal akan menurunkan daya keluar mesin. 10 lead yang dapat dihubungkan kembali dapat dikonversi menjadi tegangan tiga fase tetapi tidak satu fase. Untuk informasi lebih lanjut, inilah artikel informatif tentang mengubah voltase.

Apa yang dilakukan Automatic Transfer Switch (ATS) atau Saklar Transfer Otomatis?

Sakelar transfer otomatis (ATS) mentransfer daya dari sumber standar, seperti utilitas, ke daya darurat, seperti generator, ketika sumber standar gagal. ATS merasakan gangguan daya pada saluran dan pada gilirannya memberi sinyal pada panel mesin untuk memulai. Ketika sumber standar dikembalikan ke daya normal, ATS mentransfer daya kembali ke sumber standar dan mematikan generator. Sakelar Transfer Otomatis sering digunakan di lingkungan ketersediaan tinggi seperti pusat data, rencana manufaktur, jaringan telekomunikasi, dan sebagainya.

Bisakah generator yang saya lihat paralel dengan yang sudah saya miliki?

Genset dapat diparalelkan untuk kebutuhan redundansi atau kapasitas. Generator paralel memungkinkan Anda untuk menggabungkannya secara elektrik untuk menggabungkan output dayanya. Memparalelkan generator identik tidak akan menjadi masalah, tetapi beberapa pemikiran ekstensif harus dimasukkan ke dalam desain keseluruhan berdasarkan tujuan utama sistem Anda. Jika Anda mencoba paralel tidak seperti generator, desain dan pemasangannya bisa lebih rumit dan Anda harus mengingat pengaruh konfigurasi mesin, desain generator, dan desain regulator, hanya untuk beberapa nama.

Bisakah Anda mengubah generator 60 Hz menjadi 50 Hz?

Secara umum, sebagian besar generator komersial dapat dikonversi dari 60 Hz menjadi 50 Hz. Aturan umum adalah mesin 60 Hz bekerja pada 1800 Rpm dan generator 50 Hz bekerja pada 1500 Rpm. Dengan sebagian besar generator yang mengubah frekuensi hanya perlu menurunkan rpm mesin. Dalam beberapa kasus, suku cadang mungkin harus diganti atau modifikasi lebih lanjut dilakukan. Mesin yang lebih besar atau mesin yang sudah ditetapkan pada Rpm rendah berbeda dan harus selalu dievaluasi kasus per kasus. Kami lebih suka teknisi berpengalaman kami memeriksa setiap generator secara rinci untuk menentukan kelayakan dan semua yang akan dibutuhkan.

Bagaimana cara menentukan ukuran Generator yang saya butuhkan?

Mendapatkan generator yang dapat menangani semua kebutuhan pembangkit listrik Anda adalah salah satu aspek paling penting dari keputusan pembelian. Apakah Anda tertarik pada daya utama atau siaga, jika generator baru Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan spesifik Anda maka itu tidak akan ada gunanya bagi siapa pun karena dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada unit dan bahkan merusak beberapa perangkat yang terhubung ke dia. Menentukan dengan tepat berapa ukuran generator yang akan didapat seringkali sangat sulit dan melibatkan sejumlah faktor dan pertimbangan.