Tanya Jawab Genset
(FAQ Genset)

Biasanya sebelum membeli genset perlu ditanyakan atau diketahui hal-hal apa saja yang perlu diketahui sebelum membeli genset. Berikut adalah beberapa hal mengenai tanya jawab genset (faq genset) yang sering ditanyakan atau ingin diketahui tentang genset.

Berapa ukuran genset yang saya butuhkan?

Genset baru diharapkan dapat memberikan pelayanan selama bertahun-tahun. Genset yang Anda beli harus mampu mengakomodasi kebutuhan daya Anda saat ini dan di masa mendatang. Idealnya, genset Anda tidak boleh berjalan kurang dari 30% dan lebih dari 80% dari kapasitas terukurnya selama periode waktu yang lama.

Sekarang, pilih peralatan yang ingin Anda jalankan di genset Anda dan hitung bebannya. Sebagai panduan kasar dan siap pakai, watt khas
peralatan rumah tangga terpilih tercantum di bawah ini. Watt awal dari beban induktif seperti AC, lemari es, dll. mungkin 3 kali atau lebih dari beban yang berjalan, silakan periksa dari data dari pabrikan. 

Sr. No.

Item

Indikatif Watt Berjalan

1.

AC 1

1200 W

2.

AC 2

1800 W

3.

AC 3

2300 W

4.

Pemanas Air

4000 W

5.

TV

200 W

6.

Kulkas / Lemari Es

300 W

7.

Pompa Air

750 W

8.

Kipas Angin

75 W

9.

Lampu

60 W

10.

Komputer Desktop

200 W

NoteWatt bersifat sugestif. Hubungi produsen alat Anda atau lihat datasheet untuk mengetahui watt yang benar.

Daftar diatas merupakan contoh sederhana, untuk penggunaan industri atau tempat lain bisa berbeda tetapi secara umum sama.

Kalikan jumlah peralatan yang ingin Anda jalankan pada genset Anda dengan watt mulai dan berjalannya dan hitung total beban berjalan dan mulai dalam watt.

Bagi total watt Anda dengan 1000 untuk mendapatkan KW. Beban awal harus kurang dari 110% dan beban berjalan terus menerus harus kurang dari 80% dari nilai KW genset Anda.

Disclaimer : Informasi yang diberikan di atas adalah indikasi dan tidak ada klaim yang dibuat untuk keakuratannya. Selalu berkonsultasi dengan profesional untuk ukuran yang benar dan pemasangan generator Anda.

Apakah saya perlu mengetahui aspek teknis untuk menjalankan genset?

Jawab: Tidak juga, sangat mudah untuk memiliki dan mengoperasikan genset. Panel Kontrol Digital kami membuat pengoperasian menjadi lebih sederhana dan sebanding dengan penggunaan peralatan rumah tangga lainnya seperti AC, TV, dll.

Apakah suku cadang tersedia & apakah saya perlu menyimpan cadangan?

Jawab: Jumlah suku cadang yang diperlukan tersedia dengan jumlah yang memadai di tempat kami, karena kami tidak hanya melayani penjualan genset tetapi termasuk sparepartnya. Pelanggan tidak perlu menyimpan cadangan.

Apa jaminan yang ditawarkan?

Jawab: Semua genset Powerline bergaransi selama 12 bulan/2000 jam, mana yang lebih dulu. Lihat kartu garansi untuk syarat dan ketentuan lengkap.

Apakah garansi bisa diperpanjang?

Jawab: Ya. Silakan berdiskusi dengan sales atau perwakilan kami.

Bagaimana efisiensi bahan bakar genset Anda dibandingkan dengan pesaing?

Jawab: Genset Powerline dirancang untuk sangat hemat bahan bakar. Silakan merujuk ke data genset untuk detail pastinya…

Sebagai pengguna, bagaimana saya diharapkan untuk merawat genset saya?

Jawab:

Lakukan:

  1. Pelajari panduan pengguna secara detail.
  2. Periksa level oli, cairan pendingin, dan bahan bakar setiap hari.
  3. Jaga kisi-kisi saluran masuk dan keluar udara tetap bersih.
  4. Gunakan suku cadang asli dan tingkat bahan bakar, oli, dan cairan pendingin yang direkomendasikan.
  5. Servis generator oleh mekanik resmi sesuai jadwal perawatan yang direkomendasikan.
  6. Berikan beban pada generator secara bertahap.
  7. Pastikan semua sambungan listrik dibuat dengan benar.
  8. Waspada terhadap suara yang tidak biasa dan sebagai tindakan pencegahan matikan generator.

Jangan:

  1. Jangan mengoperasikan generator di ruang terbatas.
  2. Jangan mengisi bahan bakar saat genset sedang berjalan.
  3. Jangan menjalankan genset dalam keadaan “tanpa beban” selama berjam-jam.
  4. Jangan mencabut baterai saat generator sedang berjalan.
  5. Jangan matikan genset saat “beban penuh”. Bawa ke “tanpa beban” dan kemudian matikan. 

Satu Fasa Atau Tiga Fasa, genset mana yang akan Anda rekomendasikan untuk digunakan di rumah?

Jawab:

Tanpa membahas teknis yang panjang, kami akan merekomendasikan genset satu fasa. Semua peralatan listrik di rumah adalah peralatan satu fasa… misalnya AC, freezer, kulkas, TV, pemanas air, lampu, kipas angin, dll.

Lalu bagaimana dengan gedung atau industri, tentu saja memilih genset tiga fasa karena peralatan industri biasanya menggunakan sumber tiga fasa sebagai powernya.

Anda dapat mempertimbangkan genset tiga fase hanya jika Anda memiliki peralatan tiga fase seperti pompa air dll. Ketika peralatan satu fase dijalankan pada genset tiga fase, Anda perlu menyeimbangkan beban antara tiga fase, yaitu menghubungkan beban ampere supaya sama atau hampir mendekati sama yang mengalir melalui masing-masing dari tiga fase.

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi dalam praktiknya mungkin sulit untuk dicapai. Akibatnya dalam banyak kasus, genset tiga fase tersebut berjalan pada beban yang tidak seimbang. Penggunaan genset yang berkepanjangan pada beban yang tidak seimbang memperpendek umur genset.