Pentingnya Mesin Genset Terbaik Dirawat Agar Tetap Maksimal

Pentingnya Mesin Genset Terbaik Dirawat Agar Tetap Maksimal Powerline

Mesin genset terbaik sangat perlu untuk selalu dalam kondisi prima agar genset awet dan tahan lama. Dengan merawat genset Anda secara rutin sesuai dengan yang tertera pada buku panduan penggunaan genset (manual book), maka performa genset akan maksimal dan komponen genset akan lebih panjang usia pakainya. Kerusakan komponen (defect) atau tidak berfungsinya sistem pada genset merupakan salah satu akibat dari kurangnya perawatan. Tidak jarang akibat kelalaian itu dapat menyebabkan bahan bakar menjadi boros ataupun kerusakan fatal pada mesin hingga menyebabkan perlu dilakukannya Major Overhaul sebelum waktunya. Berikut adalah tips untuk melakukan perawatan mesin genset terbaik dan tepat agar dalam kondisi optimal.

Mesin Genset Terbaik Perlu Perawatan Maksimal

  1. Periksa battery / accu lakukan paling tidak setiap 2 minggu.

Accu adalah sumber listrik untuk menghidupkan mesin genset terbaik yang jangan dilupakan. Mungkin untuk genset dengan kapasitas dibawah 10 kVA masih memungkinkan di hidupkan dengan cara ditarik / diputar. Namun apabila mesin sudah diatas itu, rasanya sudah tidak memungkinkan. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menjaga accu dalam kondisi prima. Agar kondisi accu selalu prima, biasakan melakukan pemeriksaan pada air accu. jangan biarkan air accu kurang dari batas minimalnya. Kemudian cek kepala accu. bersihkan sulfur yang timbul di kepala accu. Karena dengan adanya sulfur, tegangan yang di hantar accu akan berkurang.  Selain itu yang perlu di perhatikan adalah kekencangan baut pada kepala accu. Hal ini dapat berakibat fatal. Karena pada saat accu di gunakan untuk menghidupkan mesin, accu akan memberikan arus yang cukup besar. Hal ini akan mengakibatkan sentakan pada kabel dan dapat menyebabkan accu meledak seketika.

  • Ganti oli pelumas mesin setiap 250 jam kerja atau setelah mencapai 6 bulan dari penggantian terakhir.

Jika penggantian oli tidak dilakukan secara rutin, maka viscositas (kekentalan) oli akan berubah sebagai dari penumpukan kotoran dan lumpur pada mesin, dan oli mesin akan berwarna hitam. Akibatnya yang akan terjadi adalah suara mesin menjadi kasar, komponen akan menjadi mudah aus, mesin genset terbaik akan sulit untuk di hidupkan dan kemungkinan terburuknya adalah kerusakan crankshaft mesin yang terjadi karena pelumasan tidak maksimal apabila tidak dilakukan secara tepat.

  • Ganti filter oli, dan filter solar setiap 250 jam kerja, atau setelah mencapai 6 bulan dari penggantian terakhir.

Pemeriksaan air radiator penting untuk menghindari panas berlebihan pada mesin genset terbaik (overheating). Pastikan cairan pendingin memadai berada di level antara FULL dan LOW. Periksa level cairan pendingin dalam kondisi mesin dingin dan kondisi off. Jangan membuka tutup radiator pada kondisi panas.

  • Periksa oli bekas dengan membawa ke laboratarium yang sudah terverifikasi.

Dengan kita melakukan pengujian oli bekas, kita dapat mengetahui secara dini tingkat keausan komponen mesin. Bila kita temukan oli bewarna hitam pekat dan ada terlihat gram secara kasat mata. Maka anda perlu melakukan tindakan pemeriksaan secara insentif.

  • Periksa filter udara setiap 250 jam.

Lakukan pemeriksaan pada filter udara pada setiap dilakukannya penggantian oli. Bersihkan menggunakan kompresor dan pastikan tidak ada kerusakan apda elemen kertasnya. Idealnya filter udara diganti setiap 2000 jam apabila kondisi di lokasi genset cukup bersih. Namun terkadang unit genset ditempatkan di medan yang berat / kotor. maka sebaiknya untuk keadaan tertentu akan lebih bijak dilakukan penggantian walaupun belum mencapai 2000 jam.

  • Periksa cairan pendingin (coolant) setiap bulan. Dan lakukan penggantian coolant setiap 2 tahun.

Coolant adalah cairan yang mendinginkan mesin genset terbaik dari hasil pembakaran. Pendinginan dilakukan dengan melakukan sirkulasi air secara terus menerus. Air dingin masuk ke blok mesin. dan mendinginkan komponen di sekitar ruang pembakaran. Setelah air tersebut menjadi panas, maka katup thermostat akan terbuka, dan mengantarkan air panas ke radiator untuk dilakukan pendinginan, sedangkan air yang sudah di dinginkan dimasukan kembali ke sekitar ruang pembakaran. Hal ini dilakukan secara terus menerus. Agar mesin terhindar dari kondisi overheat / kelebihan panas. Penggunaan coolant sangat disarankan. karena coolant mempunyai titik panas yang lebih tinggi, dan mempunyai titik beku lebih rendah dibanding dengan air destilasi biasa. Namun yang perlu menjadi perhatian bahwa dalam keadaan normal. coolant tidak akan habis / berukurang. Karena volume coolant bersirkulasi terus menerus di mesin. Bila pada suatu kesempatan dinyatakan perlu penambahan coolant secara periodik, maka bisa dipastikan ada kebocoran pada sistem pendinginan. Selain itu sangat perlu juga untuk mengetahui coolant yang cocok dengan radiator anda. Karena zat addictive coolant belum tentu sesuai antara radiator yang menggunakan bahan aluminium dengan yang menggunakan bahan kuningan. Sangat dianjurkan juga untuk dilakukan pemeriksaan pH coolant. Karena pH yang tinggi dapat menyebabkan radiator menjadi korosi.

Perawatan Mesin Genset Terbaik Di Tempat yang Tepat

Dengan anda mengetahui bagaimana perawatan mesin genset terbaik yang diberikan ini tentu akan membantu dalam membantu agar mesin tetap bekerja optimal. Untuk perawatan dan service bisa mempercayakan pada ahlinya di distributor terbaik. POWERLINE dapat memberikan kepuasan untuk hasil dari service yang dikerjakan. Didukung oleh tenaga ahli dibidangnya tentu ini merupakan pilihan tepat untuk konsumen. Selain itu kami juga akan memastikan bahwa genset bekerja secara stabil sehingga bisa digunakan untuk segala macam keperluan penting. Jika anda ingin mencari genset bisa langsung menghubungi kami, karena kami membantu anda mendapatkan yang diinginkan sesuai dana.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *