Perbedaan Genset 1 Fasa dan 3 Fasa

Perbedaan-Genset-1-Fasa-Dan-3-Fasa

Share This Post

Bagi Anda yang ingin membeli generator set ataupun genset harus mengenal terlebih dahulu tentang produk tersebut. Supaya nantinya tidak salah membeli sehingga akan sesuai dengan kebutuhan. Anda juga perlu mengetahui perbedaan dari genset 1 fasa dan 3 fasa.

Pengertian Ragam Genset

Generator AC 3 fasa yaitu dapat menanggung beban dari 3 kali daya lebih besar, dibandingkan dengan generator AC 1 fasa. Perbedaan tersebut terlihat pada pembangkit listrik ataupun generator AC 1 fasa dan 3 fasa. 

Generator set yang menghasilkan listrik arus bolak-balik tentunya disebut sebagai alternator. Alternator tersebut yaitu alternating current generator. Kemudian generator ataupun alternator ini adalah alat yang dapat mengubah tenaga gerak yang fungsinya akan menjadi tenaga listrik. Hal itu menggunakan prinsip induksi magnetik dan juga GGL.

Pembangkit listrik ataupun juga biasanya disebut dengan generator mempunyai dua jenis, yaitu generator listrik arus balik ataupun generator listrik arus searah bolak-balik. Untuk penggunaan generator arus bolak balik ataupun AC bisa juga disebut dengan alternator. Hal itu merupakan pembangkit listrik ataupun generator listrik dari arus bolak-balik. Kemudian terbagi lagi menjadi tiga jenis dan dapat dilihat menurut tegangan keluarannya yaitu ada alternator 1 fasa yang terdiri dari 220 volt dan juga alternator 3 fasa terdiri atas 380 volt.

Perbedaan Genset 1 Fasa dan 3 Fasa

Tentunya Anda juga harus mengetahui Apa perbedaan genset 1 fasa dan 3 fasa, supaya nantinya dapat mengetahui lebih dalam lagi tentang alternator generator set untuk penerangan atau pengganti listrik, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya 

Genset 1 Fasa

Genset 1 fasa ataupun pembangkit listrik arus bolak-balik bisa juga disebut dengan generator listrik fasa tunggal. Generator listrik AC 1 fasa ini mempunyai dua tabel keluaran yaitu fase dan juga kabel netral. Alternator 1 fase ini juga mempunyai 1 kumparan fase atau juga beberapa kumparan yang nantinya akan terhubung secara seri.

generator-1-fasa

Tegangan keluaran atau pun output voltage yang nantinya akan menghasilkan generator AC 1 fasa dan hal itu biasanya sekitar 220 volt hingga 240 volt (standar rumah tangga Indonesia biasanya 220 volt). Tegangan listrik ini diukur yaitu diantara titik keluaran dan juga netral. Nilai tegangan sekitar 220 volt pada generator AC 1 itu bukan berarti bahwa netral mempunyai nilai 0 volt dan juga mempunyai nilai 220 volt.

Genset 3 Fasa

Generator set listrik AC 3 fasa ini mempunyai 4 kabel keluaran yaitu seperti kabel 3 fasa dan 1 kabel netral.. Alternator tersebut merupakan pembangkit listrik arus bolak-balik. 3 fasa yang mempunyai 3 kumparan fasa yang akan menghasilkan tegangan keluaran sebesar 380 volt hingga 440 volt.

cara-kerja-generator-3-fasa

Tegangan 380 volt yaitu diukur antara 1 fasa dan juga fase berbeda pada tegangan keluaran 220 volt. Hal itu diukur Antara salah satu fase dan juga netral. Ketiga faktor tersebut merupakan alternator yang biasanya disimbolkan pada R, S, T dan N (U1, U2, U3, N) dibagi kabel keluaran netral.

Apabila Anda sudah memahami tentang perbedaan genset 1 fasa dan 3 fasa tersebut, maka itu tentunya harus memilih distributor generator set yang baik dan tepat. Powerline bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang ingin membeli genset dalam jumlah yang banyak ataupun sedikit. Pembeli dapat memesan secara online maupun offline. Kemudian untuk info lebih lanjutnya bisa melihat situs website resmi di http://powerline.co.id

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Anda Ingin Produk Genset diesel berkualitas?

Tinggalkan kontak anda dan kami akan hubungi anda

POWERLINE HADIR DI JIEXPO 2022 KEMAYORAN
small_c_popup.png

Hubungi Kami Segera

Kami akan menghubungi anda kembali