Ukuran Kabel Genset Yang Pemula Harus Tau!

Begini-Ukuran-Kabel-untuk-Genset

Share This Post

Perlu Anda ketahui apalagi bagi yang pemula harus memahami bagaimana ukuran kabel untuk genset yang benar. Sebab, generator set yang terhubung ke beban menggunakan sekitar 120/ 240 volt sistem listrik standar. Kemudian ukuran kawat yang memang tergantung pada tegangan pemutus sirkuit dengan panjang kawat harus menyesuaikan melalui tegangan sistem. Lalu mampu membawa arus. Hal itu juga memang harus disesuaikan karena melebihi nilai pemutus sirkuit. Panjang yang tidak harus menyebabkan penurunan dari tegangan lebih dari 3% dengan kesimpulannya instalasi membutuhkan sekitar ukuran kawat 14 AWG atau juga 6 AWG.

Ukuran-Kabel-untuk-Genset

Apabila anda sudah mengetahui ukuran kawat atau kabel sekitar 14 AWG atau juga 6 AWG tentunya selanjutnya adalah mempersiapkan hal lainnya dan simak penjelasan berikut ini untuk cara menghitungnya:

Ukuran Kabel Genset dan Cara Menghitungnya

Pertama-tama Anda harus memeriksa papan dari generator dalam sistem tegangan dan juga daya generator pada watt. Tegangannya sekitar 120/240 volt dengan daya generator yang dapat berkisar antara 1.000 watt ke 10.000 watt.

Perhatikan juga rating AMP dengan masing-masing pemutus sirkuit. Sebab, hanya ada satu pemutus utama atau pun juga pemutus sama dengan beberapanya. Kemudian kabel terhubung yang ada maupun juga kabel yang terhubung dengan pemutus cabang harus sesuai dengan arus pemutusnya. Pemutus biasanya memang berbagai ukuran sekitar 15A ke 50A. ukuran dari kabel minimum yaitu berkisar antara 14 hingga 6 AWG.

Perhitungan dari arus beban penuh memang pada setiap kawat harus membawanya. Apabila hanya ada satu pemutus dari sirkuit utama, maka harus memiliki beban penuh menjadi generator listrik pada kawat yang akan dibagi dengan tegangan.

Anda tidak juga harus tahu ukuran sebelum terhubung. Maka gunakan nilai arus pemutus sirkuit cabang yaitu sebagai arus beban penuh.

Memeriksa kabel pada drop tegangan dengan 3% atau pun juga kurang. Untuk generator siaga yang kecil terletak pada bagian beban yang biasanya tidak memiliki masalah. Khusus untuk unit terletak lebih jauh yaitu ukuran kabel yang dibutuhkan dekat dengan arus beban penuh. Hal itu memang bisa mempengaruhi operasi dengan menggunakan tabel resistansi kabel dalam mencari perlawanan dalam setiap kawat untuk 14 kawat AWG. Perlawanannya yaitu sekitar 2,5 OHM. 1.000 kaki dengan tegangan drop saat perlawanan yaitu sekitar 12,5A.

Dalam ukuran 100 meter drop tegangan menjadi sepersepuluh dengan banyak 3.125 volt ini berarti bahwa lari 100 kaki dengan panjang 14 kawat AWG dengan membawa 12.5A akan mempunyai drop tegangan yang diterima akan lebih dari 115 kaki. Hal itu akan melebihi batas penurunan 3% atau tegangan 3,6 volt untuk 120 volt dalam. Maka harus menggunakan kawat yang lebih besar diulangi dengan perhitungan dengan 12 AWG ataupun 10 AWG kawat.

Ukuran-Kabel-untuk-Genset-begini-pemasangannya

Untuk Pembelian Sparepart Terlengkap Hanya di POWERLINE

Untuk pembelian genset atau juga instalasi dengan layanan purna jual atau after sales, service genset Anda bisa percayakan pada Powerline. Distributor genset yang satu ini akan memberikan garansi dan juga harga terbaik untuk pelanggannya, baik itu dalam jumlah yang banyak maupun sedikit. Tempat yang satu ini juga memiliki toko online dan juga offline. Untuk info lebih lanjutnya Anda dapat mengunjungi website resmi secara langsung di https://powerline.co.id. Ada banyak pilihan merek genset yang berkualitas. Tempat yang satu ini juga telah melayani pelanggan sejak tahun 2013 sehingga memiliki jam terbang yang cukup lama di dunia genset.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Anda Ingin Produk Genset diesel berkualitas?

Tinggalkan kontak anda dan kami akan hubungi anda

POWERLINE HADIR DI JIEXPO 2022 KEMAYORAN
small_c_popup.png

Hubungi Kami Segera

Kami akan menghubungi anda kembali