Beberapa Cara Merawat Genset Silent

sewa-genset-untuk-kebutuhan-mendadak-powerline

Share This Post

Genset adalah salah satu peralatan yang sudah sangat di kenal oleh masyarakat saat ini yang berfungsi sebagai sumber listrik menghasilkan cadangan daya listrik yang biasanya di gunakan oleh perumahan, perusahaan, sebuah acara, ataupun sebagainya. Genset memang sekarang memiliki berbagai jenis dengan masing-masing kapasitasnya, salah satu jenisnya yaitu genset silent. Untuk perawatannya pun tidak terlalu rumit namun harus diperhatikan baik-baik dan pastinya harus kalian lakukan secara rutin. Pada artikel ini akan membahas 6 cara bagaimana merawat genset silent dengan semestinya. Yuk simak selengkapnya!

Mesin-Genset-Terbaik-Dirawat-poweline

Perhatikan Tentang Kebersihan Genset

Genset yang kalian miliki akan jauh lebih optimal dan maksimal kualitasnya tetap bagus apabila kalian memperhatikan kebersihan. Genset yang kalian miliki harus rutin kalian bersihkan dari debu, kotoran, minyak, air yang berada dan menempel di genset milik kalian. Kebersihan utama yang harus kalian cek dan perhatikan yaitu bagian radiator dari genset itu sendiri. Kalian harus mengeceknya dan memperhatikannya secara rutin dan teratur agar genset milik kalian tidak mudah rusak.

Pastikan Kalian Menggunakan Genset Dengan Baik Dan Benar 

Ketika Genset baik Genset Baru maupun Genset Bekas, pastikan kalian benar dan tahu bagaimana cara menggunakan genset tersebut saat hendak menggunakannya agar tidak terjadi kerusakan ataupun sesuatu hal yang tidak kalian inginkan. Membaca baca buku petunjuk sebelum menggunakan genset tersebut adalah hal yang sangat dianjurkan, atau kalian bisa menanyakan langsung atau konsultasi langsung kepada si penjual genset tempat kalian membelinya.

Jika Terjadi Sesuatu Yang Aneh Segera Matikan Mesin

Apabila kalian merasakan terjadi hal-hal yang aneh pada genset kalian, maka kalian harus sesegera mungkin untuk mematikan mesinnya agar lebih aman. Hal seperti contohnya ada bunyi-bunyi aneh di mesin terjadi pada genset kalian ketika genset itu dinyalakan dan lain sebagainya. Setelah mematikan, Kalian bisa periksa kembali sumber suara aneh tersebut terjadi pada bagian apa dan penyebabnya setelah mematikan mesin genset agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Periksa Bahan Bakar Pada Genset

Sebelum menggunakan mesin genset mengecek ataupun memeriksa bahan bakar pada genset itu sendiri merupakan hal yang sangat penting. Karena jika bahan bakar yang tidak mencukupi ataupun tidak pas dan tepat, maka genset akan mengalami kekeringan dan akan mudah terjadinya kerusakan.

Panaskan Genset Secara Rutin

Mesin genset harus dipanaskan secara rutin meski tidak sedang digunakan sama halnya dengan mesin sepeda motor atau mobil. Apabila mesin genset ataupun perangkat genset yang terdapat dalam genset dapat berkurang kinerjanya apabila genset tidak secara rutin dinyalakan. Mesin genset itu sendiri perlu dipanaskan setidaknya selama 5 sampai 10 menit setiap tiga hari sekali supaya sirkulasi mesin genset dapat berlangsung dengan optimal dan maksimal.

Jangan Lupa Ganti Spare Part Genset Jika Sudah Tua

Jika genset tersebut sudah tidak bisa bekerja secara optimal gantilah spare partnya sebelum komponen genset yang lainnya jadi ikut rusak karena dapat membuat genset mati secara keseluruhan apabila terus merembet keseluruhnya dan tidak segera diatasi. Jangan lupa untuk membaca buku panduan agar kalian mengetahui komponen-komponen seperti apa saja dan waktu yang tepat untuk memeriksa atau mengganti untuk setiap bagian dari genset itu sendiri.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Anda Ingin Produk Genset diesel berkualitas?

Tinggalkan kontak anda dan kami akan hubungi anda

POWERLINE HADIR DI JIEXPO 2022 KEMAYORAN
small_c_popup.png

Hubungi Kami Segera

Kami akan menghubungi anda kembali